Sabtu, 14 April 2018

Tujuh Belas Tahun

17 tahun.
Sweet seven teen, itulah yang sering kita dengar ketika ulang tahun ke tujuh belas tahun. Dengan mendapatkan KTP, pertanda bahwa masa remaja dimulai.

Usia yang menunjukkan peralihan dari masa kanak-kanak, ke masa remaja. Masa penuh rasa dan mulai egois. Sebenarnya yang aku rasakan pada masa ini adalah masa dimana jati diri mulai terbentuk.

Semangat yang menggebu, kecondongan kita pada suatu hal dan kebiasaan yang baik/buruk bermulai pada masa ini. Jika pada masa remaja, mulai tujuh belas tahun ini sukanya bermalas-malasan, melakukan hal yang kurang bermanfaat, menghamburkan uang, berantem sana-sini, akan membentuk kebiasaan buruk ketika dewasa.

Tapi sebaliknya, ketika mulai pada masa ini, dengan hal dan kebiasaan yang baik, maka pada waktu kedepannya, akan menjadi manusia yang baik.

Seperti misalnya pada masa ini berteman dengan teman yang rajin belajar, ikut organisasi di sekolah, ikut ROHIS, rajin baca, suka ngajarin temen, sopan terhadap guru dan orang yang lebih tua, senang belajar agama, memakai pakaian yang menutup aurat dan banyak lagi.

Menunjukkan kebiasaan yang baik, akan menjadikan kedepannya mudah untuk diarahkan ke hal dan kebiasaan yang baik.

Masa remaja, adalah masa menggebu. Semangat yang dirasa, sangat bisa disalurkan dengan fisik yang ada. Dia merupakan agen perubahan 

Pantas saja presiden Soekarno berkata "Berikan aku 10 pemuda Niscaya akan kuguncangkan dunia."

Pemuda adalah agen perubahan. Jika pemudanya baik, maka akan baiklah sebuah negara, dan sebaliknya, jika buruk, makan buruklah negara itu.

Sangat disayangkan pada zaman ini, pemuda-pemuda ya sengaja dirusak untuk merusak generasi selanjutnya. Seperti istilah sweet seven teen, istilah tentang masa indah tentang kebebasan hidup. Ini sangat salah.

Padahal pada masa ini adalah masa terbaik setiap manusia untuk menuju lebih baik, bukan untuk dirayakan atau berfoya-foya, dengan pacaran, percintaan, jalan-jalan, pergaulan yang tidak baik dan banyak lagi hal yang merusak remaja.

Pengalamanku pada usia tujuh belas tahun, berada dalam penjara suci. Aku sangat bersyukur Allah takdir kan aku berada didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar