Jumat, 06 April 2018

Komunikasi Dalam Rumah Tangga

Komunikasi dalam rumah tangga sangatlah utama dan penting. Ia merupakan  solusi yang membuat rumah tangga menjadi harmonis.

Bagaimana tidak, dengan komunikasi, kita akan mengetahui keinginan dan kebutuhan satu sama lain. Kita bisa menemukan solusi dari keinginan kita masing-masing.

Tapi, terkadang membangun komunikasi bagi sebagian orang tidaklah mudah. Entah karena egois, atau malas bicara, atau malu, nggak enakan, gengsi, dll. Padahal suami istri itu, tidak ada lagi yang harus ditutupi. Mereka harus saling terbuka satu sama lain tanpa pembatas apapun.

Bagi laki-laki, tidak mudah untuk menerima setiap permintaan pasangannya, apabila hanya di utarakan dengan "kode" yang tidak jelas. Misal, sang istri ingin dibantu pekerjaan rumahnya, tapi sang istri tidak langsung mengutarakan dengan jelas, ia hanya berkata kepada suaminya;
"Bang, aku capek deh, cucian segunung, kamar tidur berantakan sama anak-anak, gosokan juga, belum kesentuh."

Bagi suami, mungkin ini hanya sebuah curcol IRT biasa. Ia menanggapinya hanya dengan anggukan saja. Padahal sebenarnya, dibalik kata-kata itu, sang istri ingin suaminya membantu meringankan pekerjaanya. Tapi jawabannya tidak sesuai dengan keinginan.

Itu berawal dari komunikasi yang kurang lancar, dan baik. Sebagai istri, kita harus memahami segala kelebihan dan kekurangan pasangan kita, begitupun sebaliknya.

Kita hanya mengutarakan keinginan kita dengan jelas kepada pasangan kita, contoh dengan kasus tadi;
"Bang, bolehkah aku minta tolong abang membersihkan kamar tidur? Agar aku bisa membersihkan rumah lebih cepat."

InsyaAllah, dengan komunikasi yang jelas, dan keterbukaan satu sama lain, tak ada lagi masalah hati diantara kita. Segala apapun yang dirasa, yang dimau, utarakanlah pada pasangan kita. Untuk mencari solusi terbaik dari setiap masalah yang dihadapi.

Kita diciptakan untuk saling melengkapi satu sama lain. Untuk menjadi pakaian yang akan menutupi aib satu sama lain. Untuk menjadi satu kesatuan, satu hati yang tak bisa dipisah dengan apapun.

Maka dari itu, membangun komunikasi, sangatlah utama dan penting dalam rumah tangga. Untuk memahami, memiliki, merasakan dan berbagi apa yang kita rasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar