Senin, 09 April 2018

Harta dan Anak

"Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu adalah cobaan (bagimu), dan disisi Allah pahala yang besar."
[Q.S At-tagabun:15]

Terhenyak saat membaca ayat Allah ini. Sesungguhnya harta dan anak-anak adalah cobaan, adalah ujian. Ia akan diminta pertanggung jawabannya nanti di hari akhir.

Sudah untuk apa saja harta kita?
Sudah seberapa besar kita menjaga dan mendidik anak-anak dengan sebaik-baiknya?

Harta dan anak. Adalah amanah yang besar.
Tak semua orang Allah berikan amanah ini. Semua ini adalah titipan Allah yang merupakan ujian untuk kita.

Harta dan anak-anak pun bisa menjadi penolong kita di hari kiamat, jika kita bisa mengatur, menjaga, mengarahkannya untuk keta'atan kepada Allah SWT.

Malu, terkadang, sering kali lupa bersyukur, atas nikmat Allah yang begitu banyak dan besar. Nikmat harta yang jika kita selalu bersyukur, akan Allah tambahkan nikmatnya.

Harta yang jika kita infakkan, akan bertambah berkali lipat. Dan ketika harta kita keluarkan zakatnya, sejatinya ketika itu, kita sedang mengeluarkan kotoran di dalam harta kita. Zakat akan membersihkan harta dan menambah keberkahan.

Begitu juga nikmat anak. Jika kita bisa menjaga amanah ini dengan sebaik-baiknya. Mengarahkan, mendidik, mengajarkan, dan menjadikannya taqwa kepada Allah SWT. Ikhlas dalam mendidik mereka. Sabar dalam segala tingkah laku mereka, InsyaAllah, ganjaran Allah sangatlah besar. Syurga menanti kita.

Ketika sedang merasa sangat kekurangan, tapi ada yang lebih membutuhkan, kita berat mengeluarkan harta kita. Disitulah ujiannya.

Ketika kita sangat lelah, tapi harus tetap menjaga, melayani anak-anak dengan sepenuh hati, disitulah ujiannya.

Setiap ujian itu tidaklah mudah, kecuali kita selalu siap dengan ikhlas, sabar, dan syukur.
Selalu ingat setiap yang kita lakukan akan dimintai pertanggungjawabannya.

Memang, tidaklah mudah menjalaninya. Begitulah cobaan dan ujian dari Allah.

Ayat ini mengingatkan, bahwa harta dan anak-anak adalah ujian dan amanah. Ingat juga, dibalik semua itu selalu ada nilai yang indah saat kita mampu mengerjakannya dengan baik dan benar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar